Rabu, 15 April 2020

(J)Angan Puisi

oleh Lusia Yuli Hastiti

Photo by Lusia


suatu hari nanti kau akan berkata kepadaku
bahwa sesungguhnya kau tidak menyukai puisi
kau tidak menyukainya
karena kau akan bergidik sendiri

saat kau bertemu dengan puisi,
kau akan membaca
yang sebenarnya tidak ingin kaubaca;
kau akan melihat
yang sebenarnya tidak ingin kaulihat;
kau akan mendengar
yang sebenarnya tidak ingin kaudengar;
kau akan mengingat
yang sebenarnya tidak ingin kauingat;
kau akan merasa
yang sebenarnya tidak ingin kaurasa

kau akan menutup mata dan telinga
kau ingin aku diam dan berhenti
sampai di sini saja
kau ingin aku menyimpan semua kata
kau akan protes dan menyangkal
apa yang ditulis bukan seperti yang diduga
kau akan membenarkan keraguan
dan meragukan kebenaran
kemudian, kau akan berteriak kepadaku
semua (j)angan puisi!

Lampung Timur, 25 Mei 2018



Puisi diambil dari Kumpulan Puisi Juni 2019
#Puncak Kenikmatan#halaman 38




















13 komentar:

  1. Apalagi dibacakan dan direkam Pak..

    BalasHapus
  2. Dari sekian banyak puisi saya, cuma ini yang benar2 saya hapal tanpa teks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata. Gak salah saya menilai dari sekian banyak puisi, puisi ini yang laing nancep. Ternyata penulis pun begitu hanyut dan menjiwai puisi ini

      Hapus
  3. Karena saat menulis puisi ini saya sadar pasti pembaca akan merasa demikian. Saya mencoba berbicara langsung dengan mereka/seseorang lewat tulisan ini.

    BalasHapus
  4. sudah kucuba baca dan rekam Bu Lusia Yuli Hastiti

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Itu di atas ada (di postingan puisinya sudahs aya sematkan videonya)

      Hapus
  6. Terima kasih Pak.. saya sangat suka..

    BalasHapus