Rabu, 15 April 2020

Ukiah, Sonian, Crystalline, Haibun: Penerbitan Jenis-Jenis Puisi Lainnya

Photo by Martin Péchy from Pexels




  • Ada banyak sekali jenis puisi. Website Poets Collective, http://poetscollective.org/ mendata banyak sekali jenis puisi.
  • Bapak Ibu boleh mencoba jenis puisi mana pun dan menerbitkannya bersama Komunitas Guru Menulis.
  • Ketentuannya pada dasarnya sama dengan jenis puisi lainnya. Berikut patokan biaya kontribusi berdasarkan jumlah halaman jadi (termasuk narasi biodata penulis)
  • Kirimkan puisi Anda ke terbitkanbuku@gmail.com

Ketentuan dan Kontribusi
Biaya ini bukanlah biaya pembelian buku melainkan biaya proses penerbitan yang mencakup: editing, layout, desain cover, administrasi penerbitan, dan pencetakan contoh terbit.

Jumlah
Kontributor

Maksimal
Halaman
Per
Kontributor

Maksimal
Halaman
Total
Buku

Biaya
per
Kontributor

Jumlah
Contoh
Terbit

Jilid

Lebih dari
5 kontributor

6 hal.

72 hal.

Rp 125,000

2 eks.

Perfect

11 hal.

72 hal.

Rp 165,000

3 eks.

Perfect

16 hal.

72 hal.

Rp 235,000

4 eks.

Perfect

21 hal.

72 hal.

Rp 305,000

5 eks.

Perfect

3 kontributor

16 hal.

48 hal.

Rp 275,000

4 eks.

Kawat

2 kontributor

21 hal.

42 hal.

Rp 355,000

4 eks.

Kawat

26 hal.

52 hal.

Rp 415,000

5 eks.

Perfect

31 hal.

62 hal.

Rp 485,000

6 eks.

Perfect

1 kontributor
(karya solo)

36 hal.

36 hal.

Rp 580,000

6 eks.

Kawat

44 hal.

44 hal.

Rp 695,000

7 eks.

Kawat

56 hal.

56 hal.

Rp 815,000

8 eks.

Perfect

72 hal.

72 hal.

Rp 955,000

10 eks.

Perfect

biaya di atas masih ditambah dengan ongkos kirim.

Penting:
  • Naskah Anda akan melewati proses penerbitan standar dan akan diterbitkan oleh Penerbit Anggota IKAPI. Naskah Anda akan benar-benar diedit (dari segi isi dan bahasa) oleh seorang editor.
  • Mohon tidak mengirimkan naskah jika Anda tidak menyepakati dengan segala ketentuan yang tertulis mengenai proyek ini.

Kelengkapan:
1. Foto diri
2. Narasi biodata (tentang penulis)
3. Foto KTP
4. Mengisi DATA PENULIS dalam Google Form yang linknya akan disampaikan sesudah Anda mengirimkan naskah.

Struktur dan Penentuan Judul Buku
Untuk antologi puisi dari beberapa penulis, penentuan struktur bukunya (urutan puisinya) akan ditentukan oleh editor. Bisa jadi tetap dikelompokkan per penulis, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk dikelompokkan per tema yang sama.
Judul buku akan diambil dari salah satu judul puisi dan bisa jadi itu tidak mewakili semua puisi yang ada. Penentuan judul buku menjadi hak editor dan penerbit. Bukan berarti puisi yang diambil sebagai judul buku adalah yang terbaik atau lebih baik dari puisi lainnya, melainkan judul puisi tersebut mungkin lebih membuat penasaran atau karena pertimbangan-pertimbangan lain yang dianggap oleh editor dan penerbit menarik untuk dijadikan judul buku. Jadi penulis yang puisinya tidak terpilih sebagai judul buku dimohon ikhlas dan tidak perlu merasa bahwa puisinya kalah dibanding puisi yang dipilih sebagai judul buku.

Harga jual dan royalti?
Buku kumpulan puisi yang diterbitkan akan dipromosikan secara online dengan harga jual tergantung ketebalan dan pengarang akan mendapatkan royalti 10% dari harga jual dibagi rata untuk semua kontributor.
Biaya paket penerbitan buku ini tidak masuk ke dalam hitungan royalti. Royalti dihitung dari penjualan di luar biaya paket penerbitan.


Biodata Penulis
Bersamaan dengan pengiriman naskah, peserta wajib menyertakan BIODATA PENULIS pendek (maksimal 100 kata) dalam file terpisah dengan dinamai Nama Lengkap Beserta Gelar. Jangan memamerkan diri dalam biodata ini tetapi cukup cantumkan informasi paling penting. Kali ini kami akan ketat membatasi panjang biodatanya. Kalau sudah punya banyak sekali pengalaman mengajar? Pilih yang paling ingin ditonjolkan dan ditambah keterangan "pernah mengajar di 25 sekolah lain". Kalau sudah menerbitkan ratusan buku? Sebut saja yang paling membanggakan dan ditambah "ratusan buku lain".

Foto KTP 
Sertakan foto KTP. Foto KTP diperlukan sebagai dokumen pendukung untuk administrasi penerbit. Penerbit berkewajiban mengetahui siapa sapa para penulisnya, salah satunya lewat foto identitas diri.

Foto Diri
Sertakan foto diri yang menarik dalam file terpisah dalam format JPG (tidak boleh ditempel di Word karena akan merepotkan kerja kami), dinamai Nama Lengkap Beserta Gelar.

0 komentar:

Posting Komentar