Sabtu, 04 Februari 2017

Temu Kangen Komunitas Guru Menulis




Yuk berkumpul bareng, yuk! Kopi darat. Kita ngobrol santai tapi berisi. Mau kan?

Tema obrolan: Guru vs kurikulum: pendidik masa depan menyikapi perubahan kebijakan

11 Maret 2017
di Hotel Dafam Fortuna
Jln. Seturan Raya - Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta

Rundown acara:
08.00 - 09.15 Registrasi peserta
09.15 - 09.45 Acara pengantar (warming up)
09.45 - 12.00 Diskusi Simpang Siur Pendidikan oleh 5 panelis yang terpilih, dengan Ibu Itje Chodidjah sebagai penanggap dan penyimpul.
12.00 - 13.00 Ishoma
13.00 - 15.30 Sesi Bu Itje Chodidjah: Guru vs Kurikulum: Pendidik Masa Depan Menyikapi Perubahan Kebijakan
15.30 - 16.00 Membuat rancangan tulisan (untuk diterbitkan menjadi buku kumpulan gagasan mengenai pendidikan yang ber-ISBN.)

Kontribusi peserta: Rp200.000
Pendaftaran peserta paling lambat 5 Maret 2017
Hubungi WA 08882882749, ketik: temu kangen - Nama Lengkap beserta gelar [untuk sertifikat]

Fasilitas:
- Snak dan minum (teh/kopi) 1 kali
- Makan siang
- Sertifikat



DICARI 5 ORANG PANELIS

=======================


Mari kita bertemu dan berdiskusi mengenai situasi pendidikan kita.
Setelah sekian puluh tahun Indonesia merdeka, rasa-rasanya bangsa ini belum bisa dikatakan sudah berhasil mencapai tujuan pendidikannya.
Namun saya juga yakin bahwa dalam lingkup kecil Ibu Bapak sebenarnya sudah menikmati banyak keberhasilan yang cukup atau bahkan sangat membanggakan.

Setelah bergulat dengan dunia pendidikan, dengan segala hiruk pikuk perubahan kebijakan selama ini, setelah sekian tahun mengabdikan diri sebagai guru, [tentunya] Ibu Bapak guru memiliki pemikiran mengenai konsep pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum pendidikan, atau apa pun itu yang terkait dengan pendidikan ... yang semestinya, atau yang ideal menurut Ibu Bapak.

Sebab itu, secara bersama-sama, saya ingin mengajak Ibu dan Bapak guru, untuk memikirkan bersama sebuah strategi pribadi, berhadapan dengan seluruh situasi pendidikan yang melingkupi kita selama ini, kondisi umum yang sekarang ini dialami bangsa kita tercinta ini, tetapi juga dan terutama seringnya terjadi perubahan kebijakan pendidikan [kurikulum]; sebuah kiat atau pilihan sikap sebagai seorang pendidik, terutama untuk menghadapi masa depan bangsa ini.

Harapannya itu adalah sebuah temuan, hasil pergumulan panjang selama menjalani profesi sebagai seorang guru dan pendidik. Sebuah kiat atau bisa jadi pilihan sikap yang diambil yang diyakini mampu dan memungkinkan Ibu dan Bapak menjalankan peran sebagai seorang pendidik bangsa ... seorang pendidik masa depan (future oriented educator).

Kenapa? Karena saya meyakini bahwa keberlangsungan bangsa ini ke depan sangat ditentukan oleh sikap kita sebagai seorang guru. Maju tidaknya atau hancur utuhnya bangsa ini amat sangat dipengaruhi dari tone atau pilihan atau paradigma atau sikap kita sebagai seorang pendidik saat ini.

Siapkan gagasan terbaik Anda sebagai lampiran (dalam file terpisah). Kirimkan ke komunitas.guru.menulis@gmail.com. Namai file Anda: panelis - Nama Penulis - Judul Artikel.

Akan dipilih 5 artikel terbaik untuk menjadi panelis dalam acara: "temu kangen komunitas guru menulis" 11 Maret 2017 di Yogyakarta.

Namun mohon dicatat bahwa panitia tidak mengganti uang transpor Ibu Bapak. Panitia akan memberikan sertifkat panelis dan sedikit penghargaan.


KETENTUAN PESERTA TEMU KANGEN
=================================

Temu kangen ini akan menghasilkan sebuah dokumen dalam bentuk buku ber-ISBN. Jadi semua peserta diwajibkan menyiapkan sebuah artikel berupa gagasan terbaik mengenai profil [kompetensi] pendidik masa depan dalam konteks Indonesia. Jadi semua peserta diharapkan sudah menyiapkan sebuah artikel maks. 2500 kata agar sudah memiliki frame sehingga diskusi kita sangat hidup dan mengesan.
Ibu Bapak sangat diharapkan sudah menyiapkan artikel tersebut saat mengikuti TEMU KANGEN ini, meskipun sesudah acara Ibu Bapak masih diberi kesempatan untuk memperbaiki artikel Ibu Bapak. Ibu Bapak bisa mengirimkan artikel yang sudah Ibu Bapak siapkan ke email komunitas.guru.menulis@gmail.com, DALAM FILE TERPISAH (sebagai lampiran). File mohon dinamai: Nama Penulis - Pendidik Masa Depan - Judul Tulisan.

1 komentar: