Sabtu, 04 Februari 2017

Ransel Berwarna Hitam 21 Cerpen Anak Karya Guru

Judul: Ransel Berwarna Hitam 21 Cerpen Anak Karya GuruPenulis: Agita Yuri [et al.] dkk.
Penerbit: Penerbit Lingkarantarnusa
Terbit: Oct 2015
Tebal: 152 halaman
Ukuran: 145x210 mm
ISBN: 978-602-1630-38-9
Harga: Rp45.000

Pemesanan, silakan menghubungi:

08882882749



Buku Ransel Berwarna Hitam 21 Cerpen Anak Karya Guru memuatdua puluh cerita pendek anak karya guru-guru yang tergabung dalam Komunitas Guru Menulis.

Ini adalah buku keempat yang memuat cerpen-cerpen pilihan hasil dari Kontes Nulis Cerpen untuk Guru yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Menulis bekerja sama dengan Penerbit Lingkarantarnusa. Kontes ini berlangsung mulai 12 September 2014 hingga 28 Februari 2015. Lomba ini menghasilkan 3 pemenang sebagai berikut: cerpen berjudul “Lelaki yang Ingin Menikah dengan Dewi” karya Dwitya Sobat Ady Dharma sebagai pemenang pertama, cerpen “Kisah Anjing Berkerumunan di Kepalaku” karya Rai Sujaya sebagai pemenang kedua, dan cerpen “Mak Sadem dan Tikus Wirok” karya L. Bening Parwita Sukci sebagai pemenang ketiga.

Dari 103 naskah cerpen yang masuk ke panitia, dipilih cerpen-cerpen yang dianggap layak terbit oleh panitia. Bersamaan dengan buku ini, terbit empat buku kumpulan cerpen lainnya sebagai berikut: (1) 8 Piring Menari di Mata Sari dan 17 Cerpen Guru Lainnya, (2) Ransel Berwarna Hitam 21 Cerpen Anak Karya Guru, (3) Ketika Pohon Pinus Menggugurkan Daunnya 15 Cerpen Guru Bertema Cinta, (4) Ilalang di Pekarangan Rumah Ibu dan 14 Cerpen Guru Lainnya.

Selain dari naskah hasil lomba, kelima buku kumpulan cerpen ini juga memuat naskah-naskah dari kegiatan Lokakarya Sehari untuk Guru: Menuliskan Pengalaman (Best Practices) Langsung Jadi Buku Ber-ISBN yang juga diselenggarakan oleh Komunitas Guru Menulis bekerja sama dengan Penerbit Lingkarantarnusa pada tanggal 28 Maret 2015. Ternyata sebagian guru juga mengirimkan naskah cerita pendek dan bukan karya nonfiksi.

Selain itu sebagian naskah yang diterima oleh panitia berupa naskah cerpen untuk anak yang cukup bagus. Karena jumlahnya masih terlalu sedikit untuk menjadi sebuah buku kumpulan cerpen tersendiri, Komunitas Guru Menulis berupaya melengkapinya dengan menyelenggarakan proyek penulisan cerpen anak. Maka jadilah buku kumpulan cerpen Ransel Berwarna Hitam 21 Cerpen Anak Karya Guru.

Kelima buku kumpulan cerpen ini dipersembahkan oleh Komunitas Guru Menulis kepada pecinta bacaan fiksi pada umumnya namun khususnya untuk semua guru di Indonesia sebagai pemacu bagi munculnya karya-karya selanjutnya.

Komunitas Guru Menulis adalah sebuah wadah bagi para guru dan dosen di seluruh Indonesia untuk membagikan pengalaman dan kreativitasnya dalam bentuk tulisan-tulisan kreatif dan inspiratif yang akan semakin mendukung karya guru dan pemajuan dunia pendidikan. Komunitas Guru Menulis berharap bisa menjadi virus yang menjangkiti semakin banyak guru untuk mulai dan terus menghasilkan tulisan-tulisan yang terpublikasikan.

Daftar cerpen:
1. Agita Yuri ~ Bunga untuk Bunda
2. Agita Yuri ~ Lalita Si Rambut Brindil
3. Agita Yuri ~ Zito, Semut yang Rakus
4. Ari Vidianto, S.Pd.SD. ~ Tabrakan
5. Chairil ZM ~ Kado Istimewa buat Abil
6. Dionisius Agus Puguh Santosa, SE ~ Andai Aku Jadi Anak Kota
7. Dionisius Agus Puguh Santosa, SE ~ Bertamasya Bersama Matahari
8. Dwi Kurnianingsih, S.Pd. ~ Tersandung
9. Eka Nur Apiyah ~ Ransel Berwarna Hitam
10. Fiqih Nindya Palupi, S.Pd. ~ Hadiah Buat Simbok
11. Fiqih Nindya Palupi, S.Pd. ~ Terbang Melayang Terbawa Layang-Layang
12. Gito, S.Pd. ~ Gara-Gara Hobi Mancing
13. Hakmin Laode Ngkowe ~ Tina Gadis Pendiam
14. Maria Fenny ~ Cinta Mama
15. Maria Theressa ~ Kelompok Negeri Jendela
16. Marinah ~ Bukan Titik Akhir
17. Nanik Dwirahayu ~ Tenda Persahabatan
18. Rai Sujaya ~ “Save” Angeline
19. Retno Sumirat ~ Ibu Tiri Enggak Jahat Kok
20. Sri Endah Sulistyaningtyas ~ Menolong Sampah
21. Y. Wahyu B. ~ Tugas Ita


Jika ingin terlibat dalam proyek ini, silakan baca keterangan selengkapnya di: Proyek Penulisan dan Penerbitan Cerpen

Untuk pemesanan hubungi:
WA 08882882749
Facebook: https://www.facebook.com/GuruMenulis2016

0 komentar:

Posting Komentar