Sabtu, 04 Februari 2017

Kelas Memasak CERITA Jadi Sajian BUKU Ber-ISBN

Kelas Memasak CERITA Jadi Sajian BUKU Ber-ISBN
=======================================
Bersama GIN TEGUH (Penulis Novel Bulan Merah)

Guru bahasa dan sastra Indonesia mungkin sudah sangat hafal unsur-unsur intrinsik sebuah cerpen dan menggunakannya ketika mengajarkan anak menulis cerpen. Tetapi ketika mengetahui semua hal-ihwal berkaitan dengan cerpen belum tentu seorang guru otomatis bisa menulis cerpennya sendiri. Apa yang salah dengan semua pengetahuan itu?

Sebenarnya tidak ada yang salah, tetapi pengetahuan memang berbeda dengan keterampilan. Sebaliknya, orang yang memiliki keterampilan tidak selalu memiliki ilmu pendukung bagi keterampilannya tersebut. Dengan kata lain, ilmu tidak menjamin seseorang bisa mempraktikkan apa yang diketahuinya. Sebaliknya, keterampilan tidak menjamin orang yang memilikinya juga memiliki ilmu yang seharusnya mendasari keterampilannya tersebut.

Bagaimana jika seorang praktisi atau penulis Cerpen mau berbagi teknik penulisannya? Bukan menggunakan ilmu-ilmu yang teoritis, melainkan melalui serangkaian tips praktis yang telah dikuasainya dan terbukti bisa membantu banyak orang dari berbagai pelosok negeri ini untuk memulai menuliskan cerpen pertamanya dan kemudian berhasil menerbitkan ke dalam sebuah buku, entah karya tunggal maupun antologi.

Gin Teguh akan memandu Anda, dengan cara yang sangat down to earth dan mudah untuk melahirkan sebuah cerpen atau cerita, tetapi tidak sekadar cerita, namun cerita yang enak atau bahkan asyik dan nikmat untuk dibaca, cerita yang membawa kenikmatan bagi penulis maupun pembacanya. Tidak hanya itu, Anda, peserta lokakarya ini, nantinya tidak hanya bakal bisa menulis cerpennya sendiri namun bisa menggunakan teknik yang sama yang diajarkan oleh Gin Teguh untuk juga membimbing anak didik melakukan hal sama di dalam menghasilkan karya cerpen.




Agenda:
======
Mengenal Cerita Pendek
Mengungkapkan 6 bumbu rahasia menulis
Belanja bahan cerita
Meracik cerita
Menyajikan cerita
Praktik memasak cerita



Hasil kegiatan ini:
Hasil karya akan dibukukan menjadi kumpulan cerita ber-ISBN oleh Penerbit Anggota IKAPI

Jika Ibu Bapak berminat mengadakan kelas memasak bersama kami, silakan hubungi kami. Kami siap datang ke sekolah Ibu Bapak, di mana pun di seluruh pelosok Indonesia.

Hubungi kami via
email komunitas.guru.menulis@gmail.com
akun Facebook:
https://www.facebook.com/GuruMenulis2016
WhatsApp 08882882749
Twitter : @GuruNulis (https://twitter.com/GuruNulis)

1 komentar: