Sabtu, 11 Februari 2017

Reni Elvina, S.Pd.: Anggota Komunitas Guru Menulis dari Pekanbaru

Reni Elvina, S.Pd, lahir di Lipatkain, 10 Februari 1983. Menduduki bangku pendidikan mulai dari SD sampai kuliah D2 STAI AL AZHAR Yayasan Masmur Pekanbaru jurusan PGSD lokal Lipatkain. Pernah menjadi guru honor dan guru Paket B ( SMP Terbuka ) sejak tahun 2004. Lulus PNS tahun 2009 di kota Pekanbaru dan mengajar di SD N 75 Pekanbaru. Melanjutkan kuliah S1 PGSD lulusan 2012 di Pekanbaru dan sekarang menuntut ilmu S2 di salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru yaitu UNRI (UR/Universitas Riau) Program Pascasarjana Magister Administrasi Pendidikan.

Bergabung dengan Komunitas Guru Menulis sejak tahun 2015 dan langsung ikut berkontribusi dalam buku Kapur dan papan yang telah diterbitkan oleh Lingkarantarnusa. Namun ada beberapa buku lagi yang sedang dalam proses penerbitan.




Media sosial: FB Reni Elvina Jeffri

PIN BB 5C80E171

KAPUR & PAPAN Kisah Pengalaman Lucu Guru 1 dan 2
KAPUR & PAPAN Kisah Pengalaman Lucu Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Inspiratif Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Inspiratif Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Pengalaman Lucu Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Pengalaman Lucu Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Inspiratif Guru 1
KAPUR & PAPAN Kisah Inspiratif Guru 1 
Ketika paket karya pertama datang.
Merayakan karya dengan Kaos Kisah Inspiratif

SATU KATA tentang diri saya!
Gigih

SATU KALIMAT yang menggambarkan siapa saya!
Mutiara terpendam

SATU KALIMAT yang menggambarkan bagaimana saya!
Tidak ada yang tidak mungkin jika kita membuatnya menjadi mungkin

SATU KALIMAT yang menggambarkan mengapa saya!
Lakukan yang terbaik

SATU KALIMAT yang menggambarkan syukur saya!
Berbagi pengalaman itu indah

SATU KALIMAT yang menggambarkan impian saya!
Kesuksesan itu bukan untuk orang pintar tapi orang gigih

KELUARGA SAYA
Orang tua
Bersama adik-adik
Sekeluarga
Bersama suami
Saya anak sulung dari tiga bersaudara yang seibu dan empat bersaudara yang seayah. Orang tua saya berpisah sejak saya umur 4 tahun. Saya dibesarkan oleh ibu dan ayah saya yang sekarang hingga saya menjadi seorang guru. Kedua adik saya adalah perempuan yang nomor dua sudah menyelesaikan S1 dan sudah bekerja sedangkan yang bungsu masih duduk di kelas 1 MTSN Lipatkain.
Orang tua saya sangat memperhatikan pendidikan saya dan adik-adik, jika untuk kebutuhan sekolah mereka akan siap sedia memenuhinya.
Suka duka, jatuh bangun kami atasi bersama-sama. Saya dan adik-adik selalu berusaha belajar dan memberikan yang terbaik buat kedua orang tua agar bisa membuat mereka bangga dan bahagia. Sekarang saya seorang PNS di salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Pekanbaru.
Saya juga sudah menikah dan memiliki seorang putra.

RIWAYAT PENDIDIKAN
Saya mengenyam dunia pendidikan sejak umur 5 tahun, ketika itu abang sepupu saya yang sudah cukup umur untuk TK dan saya juga ingin sekolah seperti dia. Abang saya lulus TK dan masuk SD saya pun ingin masuk SD seharusnya saya masih harus TK 1 tahun lagi. Alhasil saya tidak mendapatkan “Ijazah TK.”(he..he..he)
SD Negeri 046 Lipatkain adalah sekolah yang saya duduki tahun 1990 di kelas satu sampai kelas enam tahun 1996. Saya melanjutkan ke SLTP Negeri I Kampar Kiri dan tamat tahun 1999. Melanjutkan ke SMU Negeri I kampar Kiri dan saya selalu mendapat rangking (Juara kelas) hingga saya mendapatkan “Bea Siswa”. Saya lulus tahun 2000.
Nah, disinilah dilema menyelimuti saya dan keluarga. Saya termasuk salah satu siswa undangan untuk kuliah di salah satu Universitas Ternama di Kota Pekanbaru. Tetapi karena faktor ekonomi keluarga dan ketidaksiapan orang tua melepas saya tinggal sendirian di Kota besar akhirnya kesempatan itu tidak saya ambil. 
Bertepatan tahun kelulusan saya Pemerintah setempat membuka perkuliahan bekerja sama dengan Yayasan Masmur STAI AL-AZHAR Diploma II jurusan PGSD. Saya masuk perkuliahan tersebut dan lulus dengan hasil yang memuaskan di tahun 2004. Tahun 2010 saya melanjutkan kuliah S1 PGSD di Universitas Riau (UNRI/UR). Sekarang saya sedang menuntut ilmu di Pascasarjana Universitas Riau S2 Administrasi Pendidikan.

RIWAYAT KARIER
Berawal dari lulusnya saya sebagai Ahli Muda D2 STAI AL-AZHAR cabang Pekanbaru di Lipatkain, saya memulai karier saya sebagai seorang guru Honor Komite di salah satu SD N di kampung saya. Hanya selang beberapa bulan, saya pindah dan mengabdi di Desa terpencil di Kampar Kiri yaitu SD N 022 Muara Selaya. 
Alhamdulillah... tahun 2006 saya lulus Tes menjadi Guru Honor Pemda Kabupaten Bangkinang dan tetap di tugaskan di Desa Muara Selaya. Selama mengajar disana saya juga menjadi Pembina Pramuka dan telah mengikuti Latihan Mahir Dasar (MD). 
Desember 2008, saya lulus Tes PNS di Kota Pekanbaru dan mulai bertugas tanggal 21 April 2009 di SD Negeri 75 Pekanbaru hingga saat ini.   

DAFTAR PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH

  1. Pemenang I Lomba Mengajar Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar Guru SD se Provinsi Riau (Tahun 2014) 
  2. Pemenang I Lomba Mengajar Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar Guru SD se Sumatera ( Pekan Bahasa Wilayah Barat ) Tahun 2014
  3. Pemenang II Lomba Membaca Cerita Rakyat untuk Guru SD se Provinsi Riau  (Tahun 2015)
  4. Piagam penghargaan dari Walikota Pekanbaru sebagai Finalis Guru Berprestasi tingkat kota pekanbaru (Tahun 2016)
  5. Penghargaan dari Bengkel Seni dan Tokoh Kenegerian Lipatkain sebagai salah satu dari Tujuh Tokoh Penginspirasi (Tahun 2017)
Kampus Universitas Riau
Juara 1 Lomba Mengajar Tingkat Provinsi Riau 
Juara 1 Lomba Mengajar Se-Sumatera
Juara 1 Lomba Mengajar Se-Sumatera
Juara 2 Lomba Membaca
Cerita Rakyat Se-Riau
Juara 2 Lomba Membaca
Cerita Rakyat Se-Riau
Finalis Guru Berprestasi 
Finalis Guru Berprestasi 
Penghargaan Dari Bengkel Seni dan
Tokoh Kenegerian Lipatkain 
Penghargaan Dari Bengkel Seni dan
 Tokoh Kenegerian Lipatkain 
Bersama Siswa Siswi Kelas VA
SD N 75 Pekanbaru
Bersama Siswa Siswi Kelas VA
SD N 75 Pekanbaru
Menjadi Pembicara di Dinas
Pendidikan Kota Pekanbaru 
Menjadi Pembicara di Dinas
Pendidikan Kota Pekanbaru 

DAFTAR KARYA
Buku Antologi yang pernah ditulis :

1. Merenjis Hikmah: Mari Men”Jadi” Guru (Tahun 2015)
2. Kapur & Papan: Kisah Inspiratif Guru 1 (Tahun 2016)
3. Kapur & papan: Kisah Pengalaman Lucu Guru 1 (Tahun 2017)


Refleksi Diri Seorang Pendidik
Sebagai pendidik saya harus menjadi motivator dan inspirator

Setelah 12 tahun menggeluti pendidikan, saya menyadari bahwa menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah 


Sebenarnya saya adalah seorang pendidik yang masih harus terus belajar agar lebih baik lagi tetapi saya belum bisa sepenuhnya melakukan hal itu semua butuh proses dan waktu.


0 komentar:

Posting Komentar