Sabtu, 01 Agustus 2020

Y. Jaka Prastana


Y. Jaka Prastana lahir di Sleman pada 27 Maret 1967. Menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA di Sleman, Yogyakarta. Menyelesaikan studi pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Sanata Dharma Yogyakarta. 
Seperempat abad berkiprah di dunia pendidikan, khususnya pendidikan menengah. Sepuluh tahun mengajar di SMA. Lima belas tahun mengajar di SMP. Delapan tahun mendapat penugasan sebagai kepala sekolah.
Sejak remaja terlibat dalam pelayanan di gereja. Saat ini aktif di Paroki Bunda Maria Cirebon sebagai Sie. Pemberdayaan Lingkungan Dewan Pastoral Paroki, Prodiakon, Redaktur Pelaksana Buletin DAMAR. 
Senang membaca dan menulis. Tulisan-tulisannya dimuat di beberapa surat kabar (Kabar Cirebon, Radar Cirebon) dan majalah (UTUSAN, Educare, Djaka Lodang).
Bersama Komunitas Guru Menulis berkontribusi menerbitkan beberapa buku, antara lain Cinta Sang Guru (Kanisius, 2014), Lilin 71 (Lingkarantarnusa, 2014), Kapur dan Papan Kisah Guru Pembelajar (Lingkarantarnusa, 2015), Cerita Tentang Pengelolaan Kelas (Lingkarantarnusa, 2015), Kumpulan Cerpen Ketika Pohon Pinus Menggugurkan Daunnya (Lingkarantarnusa, 2015), dan Mendidik dengan Hati (Lingkarantarnusa, 2016). 
Secara pribadi telah menerbitkan buku Persembahan Terbaik bagi Tuhan (WR Publishing, 2016). 

Karya Bersama Komunitas Guru Menulis

Melayani Tuhan dengan Sukacita: 35 Renungan Singkat tentang Melayani Tuhan dan Sesama

22.54


KARYA BERSAMA
Ketika Pohon Pinus Menggugurkan Daunnya
Judul cerpen:
"Ketika Dia Kembali"




Kapur & Papan: Mendidik dengan Hati 1
Judul tulisan:
"Kutunggu Kau di Tepi Laut"




KAPUR & PAPAN Kisah Pengelolaan Kelas 1
Judul tulisan:
"Menyatukan Heart, Head, dan Hand"




Kapur Papan Kisah Guru-Guru Pembelajar 1
Judul tulisan:
"Revolusi Hati"




Lilin 71 Kumpulan Kisah Guru yang dengan Tulus Memberikan Hati untuk Murid-muridnya: Alegori Lilin
Judul tulisan
: "Saudaraku, Buatlah Aku Tersenyum"

0 komentar:

Posting Komentar