Kamis, 30 Juli 2020

Sumarsih

 


Sumarsih, S.Pd., M.Pd. (Summa Hafidz). Mengawali karier sebagai guru sejak 2003 di Bantul sebelah timur yang berjarak sekitar 16 km dari tempat tinggal. Kemudian karena alasan jarak dan pemenuhan jam mengajar, sejak Juni 2015 bermutasi ke SMAN 1 Bantul yang beralamat di Jl. KH Wakhid Hasyim Bantul. Sumarsih kecil sudah sangat gemar membaca apa saja. Sewaktu SD (SD Krekah I, lulus 1990) buku bacaan didapat dari perpustakaan sekolah dan juga dari meminjam kepada tetangga yang berdagang majalah-majalah bekas. Sesekali ayahnya memberikan majalah yang didapat dari bos tempat beliau bekerja. Pada saat duduk di bangku SMP (SMPN 1 Pandak, lulus 1993), Sumarsih meminjam buku-buku dari perpustakaan sekolah dan teman-temannya sesama penyuka buku. Buku yang digemari adalah buku detektif seperti Lima Sekawan, STOP, Trio Detektif, dan lain-lain. Saat menginjak bangku SMA (SMAN 1 Bantul, lulus 1996), dia rajin ke perpustakaan baik perpus pusat maupun perpus musholla. Jadilah ia pelanggan tetap di kedua perpustakaan tersebut. 

Karya pertama yang dia buat berjudul Krekah yang Merekah, merupakan karya tugas mata pelajaran ekonomi yang mengungkap potensi ekonomi, sosial, dan budaya di dusun kelahirannya yaitu Krekah, Gilangharjo, Pandak Bantul. Karya kedua adalah Patal Secang dan Kopeng yang merupakan tugas laporan Studi Wisata yang berupa deskripsi kedua tempat tersebut. Keduanya menjadi koleksi perpustakaan sekolah. 

Sewaktu kuliah di Pendidikan Biologi UNY (lulus 2001), kegiatan menulis dan membaca agak terganggu karena aktivitas yang padat di kampus. Kesempatan literasi menjadi semakin sempit karena kuliah selama 5 tahun itu ditempuh secara nglaju. Ketika sudah bekerja, ada banyak waktu lagi untuk membaca atau menulis. Karya selanjutnya saat bekerja ini adalah antologi cerita rakyat Bantul dengan judul Cerita Perkutut Putih (2008). Kumpulan cerita ini merupakan sepuluh terbaik dari hasil lomba yang kemudian diterbitkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. 

Beberapa karya kecil sempat diterbitkan di majalah sekolah Mata Pena berjudul “Langit Biru ing Wukirsari”, “Episode Cinta”, dll.(2009-2010). Karya berbentuk puisi diberikan kesempatan dalam Sastra Bulan Purnama di Rumah Budaya Tembi (dibukukan 2012). Pada Bulan Maret tahun 2013, Sumarsih jatuh sakit dan ceritanya diabadikan dalam karya Kasih Sayang Sindroma Nefrotik, Antologi (diterbitkan oleh FAM Publishing). Selanjutnya setelah bergabung dengan Komunitas Guru Menulis (KGM), Sumarsih merasa beruntung sekali karena mendapatkan ruang yang lebih luas untuk berkarya. Sebelas karya antologi bersama penulis lain yang tergabung di KGM sudah terukir. Suatu saat semoga dapat berkarya tunggal. 

Beralamat di Ngabean RT 03 Triharjo Pandak Bantul Yogyakarta 55761. Status sudah berkeluarga dikaruniai 2 putri dan 1 putra (MTs dan MA). Alamat email: sumarsih.hafidz@yahoo.com. No WA 085228561135. FB: Summa Hafidz. IG: @summahafidz. 



 

Karya Bersama Komunitas Guru Menulis

Mengantepi Rasa Rambang: Kumpulan Kisah di Tengah Pandemi
Judul tulisan
: "Bersinergi dalam Pandemi"




Menjeda Jagat Memeluk Hakikat: Puisi-Puisi Refleksi Atas Corona
Daftar puisi:

Corona apa kabarmu ?
Kenalkan, Dia Covid-19
Gara-Gara Corona
Covid-19 atau Dewa-19
Rindu dalam WFH
Generasi Corona
Ramadhan Bersama Covid-19




Malam Super Blue Bloood Moon Kumpulan Puisi untuk Bulan Penuh Kedua
Judul puisi:

Bidadari Rembulan
Renjana Rembulan




KAPUR & PAPAN Kisah Menjadi Guru 2
Judul tulisan
: "Asyiknya Mengajar Penelitian: A Passion from the Lack"




KAPUR & PAPAN Kisah Pengelolaan Kelas 2
Judul tulisan
: "Mengajar Lintas Minat Mata Pelajaran Biologi di Kelas Sosial"




Kapur & Papan: Mendidik dengan Hati 2
Judul tulisan:
"Sepenggal Episode Diandra"




3 Alinea Cinta
Judul tulisan
: "Laki-laki Pengendara Motor LG"





Guru Kudet, Menjadi Pendidik Masa Depan, Meneroka Sempena #2 Kumpulan Artikel Pendidikan Komunitas Guru Menulis
Judul tulisan
: "Kriminalisasi vs Perlindungan Guru"




Manajemen Ta’an To’u Meneroka Sempena #3 Kumpulan Artikel Pendidikan
Judul tulisan
: "Pendidikan Taman Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013"





Ibu, Aku Pulang dan 14 Cerpen Guru Lainnya
Judul cerpen:
"Rumah di Tengah Kebun"





Ilalang di Pekarangan Rumah Ibu dan 14 Cerpen Guru Lainnya
Judul cerpen
: "Semut-Semut Andromeda"


0 komentar:

Posting Komentar