Senin, 22 Juni 2020

Educating Mind and Heart


Educating Mind and Heart, tulisan Gusti Omkang Hingmane, S.Pd.,Gr
Educating Mind and Heart, tulisan Gusti Omkang Hingmane, S.Pd.,Gr


Kode: 0610003
Judul: Educating Mind and Heart
ISBN: 978-623-7421-14-6
Terbit: 05-Jun-20
Tebal: 122 halaman (xii+110)
Ukuran: 14.5x21 cm
Harga: Rp50.000

Buku ini dicetak sesuai pesanan. Pesan 1 eksemplar pun akan kami layani. Untuk memesan buku ini, silakan hubungi yedijanusantara@gmail.com atau melalui pesan WhatsApp dan sampaikan Nama Pemesan serta alamat lengkap (dengan menyebut nama kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, serta kode pos)

Buku ini adalah kumpulan artikel tulisan Gusti Omkang Hingmane, S.Pd., Gr., seorang praktisi pendidikan yang tidak hanya berhenti dalam perannya sebagai seorang pengajar di depan kelas tetapi juga berusaha benar-benar menceburkan diri dalam segala relung dunia kependidikan kita. Ia menuliskan segala kegelisahannya yang muncul dari semua pengalaman dan pergulatannya di sebuah dunia yang disebut pendidikan dan mencoba melihat pendidikan dari berbagai sisi atau sudut pandang.

Buku ini diberi judul Eduating Mind and Heart, tampaknya merupakan harapan dari penulis bahwa pendidikan seharusnya menyentuh mind dan heart. Buku ini memuat 23 artikel yang pernah dimuat di media cetak maupun online. 

“Yang mau disampaikan Gusti, saya yakin, adalah bahwa mendidik orang jangan setengah-setangah. Harus total. Hati dan pikiran serta otot diperhatikan sekaligus. Pada titik ini, Gusti, tampaknya, sepakat dengan John Dewey yang mengatakan bahwa pendidikan itu adalah proses sosial, pertumbuhan, dan kehidupan itu sendiri; bukan persiapan masa depan anak didik. Oleh karena itu, bagi saya buku ini layak, ‘enak dibaca dan perlu.’ Saya pun akan menempatkannya pada tempat yang sangat terhormat di perpustakaan pribadi saya agar saya bisa membacanya setiap kali saya mau untuk memperoleh inspirasi dalam ikut serta memperjuangkan kebaikan bagi semua, tanpa peduli apa pun latar belakang sosial, suku, agama, ras, dan golongannya.”  (Feliks Tans, Dosen FKIP/Pascasarjana Undana, Ketua Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Undana, Editor-in-chief Academic Journal of Educational Sciences (AJES))
 

Daftar tulisan:
Pengantar oleh Feliks Tans v
Guru Menulis Untuk Pengembangan Keprofesian 1
Bersatu Untuk Selamatkan Universitas PGRI 6
Apel Pagi Bukan Apel-Apelan 12
Universitas, Produksi Ijazah atau Kualitas? 15
Degradasi Mutu Pendidikan 23
Educating Mind and Heart 27
If I Were A President 32
May Be Yes, May Be No 37
FKIP vesus KKN 42
Mendiknas dan DPR Tak Bermata 46
Nepotisme atau Objektivisme dalam Penilaian 51
Quo Vadis Masyarakat dalam Pendidikan? 56
Mempertanyakan Ujian Nasional 60
Pendidikan Sekarang dan Masa Depan Peserta Didik 65
Universitas Bukan Pasar 69
KTM dan PTB: No or Yes, Why? 74
Peran Orang Tua dan Pendidikan Anak Sekarang 78
Inkonsistensi Pemuda dalam Berorganisasi 83
PKKBMB: Antara Realitas dan Harapan 88
Lida (H) Hamid dan Keket Berdangdut Pesan 94
Manusia Baru di Tahun Baru 97
Bahasa Daerah dan Degradasi Penuturnya 101
Berani Bercita-cita 105
Biografi Penulis 109

1 komentar: