Rabu, 15 Maret 2017

Lomba Nulis Pengalaman Guru 2017 (LNPG2017) TEMA: Melakukan yang Tidak Biasa

Komunitas Guru Menulis bekerja sama dengan Penerbit Antarnusa menyelenggarakan
Lomba Nulis Pengalaman Guru 2017 (LNPG2017)
TEMA: Melakukan yang Tidak Biasa

Maksud tema:
Sebagai guru, Anda melakukan sesuatu yang tidak biasa, yang di luar pakem, yang di luar apa yang biasa dilakukan oleh guru pada umumnya, atau di luar yang biasa dilakukan oleh rekan-rekan guru yang sesekolah atau sekampus dengan Anda. Karena suatu sebab, Anda merasa harus melakukannya. Bisa jadi itu hal yang kecil, yang tidak menuntut sebuah keberanian besar. Namun memang hal yang tidak biasa Anda lakukan, atau rekan-rekan guru Anda lakukan. Bisa pula itu memang menuntut sebuah keberanian besar, karena melawan arus, melawan "kenormalan" atau "kebiasaan" yang ada di instansi atau lingkungan Anda. Atau mungkin, itu sesuatu yang selama ini tidak pernah Anda pikirkan atau tidak pernah diajarkan kepada Anda, yang tidak pernah Anda dapatkan di bangku kuliah atau di pelatihan-pelatihan guru yang pernah Anda ikuti. Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, yang di luar teori yang selama ini Anda yakini dan ikuti. Atau mungkin itu sebuah kebenaran yang selama ini selalu Anda hindari namun kemudian Anda memberanikan diri untuk mencoba melakukannya. Tentu saja dalam konteks Anda sebuah seorang pendidik.

Dan ternyata "Melakukan yang Tidak Biasa" itu menghasilkan sesuatu yang luar biasa, atau sesuatu yang tidak terduga. Ternyata itu mencelikkan Anda, membawa Anda kepada sebuah pemahaman baru, sebuah cara pandang baru, sebuah pencerahan, atau bahkan sebuah terobosan. Mungkin itu kemudian bisa membuka jalan yang sebelumnya buntu, memecah hambatan relasi yang selama ini membuat Anda mati kutu. Atau kemudian ternyata usaha Anda itu membawa Anda kepada suatu keyakinan baru, yang mengubah arah haluan hidup Anda sebagai seorang pendidik. Atau kemudian meledakkan potensi dan daya kreasi Anda, yang selama ini seakan tiada dan tidak pernah Anda duga kalau ada.

Apa pun itu, Anda merasakan bahwa usaha Anda melakukan yang tidak biasa ini membawa Anda kepada sebuah pengalaman baru, yang sangat bermakna bagi Anda.



Syarat dan Ketentuan KONTES:

1. Kontes ini terbuka untuk Guru, Dosen, Kepala Sekolah, dan Praktisi Pendidikan lainnya.

SYARAT BAGI PESERTA BARU (peserta yang belum pernah mengikuti lomba dan menerbitkan buku bersama Komunitas Guru Menulis): Wajib membeli minimal 2 buku seri Kapur & Papan yang mana pun agar bisa mengikuti lomba ini.

Daftar buku dan harganya bisa dilihat di sini!

2. Berupa KISAH NYATA, baik kisah pribadi maupun kisah orang lain yang diceritakan kembali.

3. Naskah diketik rapi pada dokumen Office Word.  Panjang naskah maksimal 2500 kata.

4. Naskah adalah karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.

5. Setiap peserta melampirkan biodata narasi maksimal 50 kata dan foto setengah badan atau close up yang paling baik dari koleksi foto diri Anda.

6. Naskah dikirim via email: lomba.nulis.guru@gmail.com berupa lampiran atau attachment, bukan di badan e-mail. Juga bukan dalam file extract. Tulis subjek e-mail dan nama file: LNPG2017- nama penulis - Judul Naskah (Contoh: LNPG2017 - Heru Susilo - Mereka Bukan Nakal, Tetapi Kritis). Sesudah Anda mengirimkan naskah, Anda akan mendapat balasan email yang akan meminta Anda untuk mengisi DATA PENULIS dalam file Excel.
7. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah.

PESERTA BARU wajib menyertakan bukti pembelian buku seri Kapur & Papan.

8. Kontes  ini dibuka mulai 30 Maret 2017  hingga 30 Juni 2017 (Jam 23:59 WIB). Hasil kontes  akan diumumkan 30 Agustus 2017.

9. Akan dipilih naskah yang layak untuk dibukukan dengan syarat:

  • terdapat minimal 25 naskah yang layak terbit 
  • tiap peserta yang naskahnya terpilih memesan minimal 2 buku. 
  • Jika naskah yang masuk banyak akan dimungkinkan terbitnya lebih dari 1 buku.

10. Pengumuman daftar peserta sementara dan hasil akhir akan diumumkan di Grup Facebook Guru Menulis (www.facebook.com/groups/gurumenulis)

11. Penghargaan:
Akan dipilih 3 naskah terbaik  yang akan mendapat hadiah berupa:
Juara 1: Uang tunai sebesar Rp 300.000,- dan 1 eksemplar bukti terbit
Juara 2: Uang tunai sebesar Rp 200.000,- dan 1 eksemplar bukti terbit
Juara 3: Uang tunai sebesar Rp 100.000,- dan 1 eksemplar bukti terbit

12. Sertifikat:
Akan diterbitkan 4 macam sertifikat:
(1) Sertifikat pemenang
(2) Sertifikat 10 besar
(3) Sertifikat untuk naskah yang diterbitkan
(4) Sertifikat untuk naskah yang tidak diterbitkan*
Sertifikat akan diberikan untuk naskah yang memenuhi syarat dan akan dikirimkan bersamaan dengan buku yang sudah terbit dan cetak.

*Catatan: Bagi naskah yang tidak terpilih untuk diterbitkan, sertifikat hanya akan dikirimkan jika peserta memesan minimal 1 buku yang diterbitkan.
Selamat menulis GURU INDONESIA! Mari wariskan pengabdianmu dalam dokumen tulisan!


4 komentar:

  1. wah ini informasi yang sangat menarik bagimana caranya saya memesan buku yang dimaksud?. Mohon informasi lanjutan. terima kasih.

    BalasHapus
  2. Mohon kunjungi: http://komunitas-guru-menulis.blogspot.co.id/p/kisah-pengalaman-guru.html

    BalasHapus
  3. Informasi yang menarik, namun sayang, sudah lewat. Semoga berikutnya ada lagi event seperti ini buat guru. salam kenal

    BalasHapus