Rabu, 08 April 2015

Proyek Penulisan dan Penerbitan Buku Pendidikan Karakter oleh Para Guru


Kepada rekan-rekan semua guru, Ibu Noorvyta Wati memiliki naskah tentang Pendidikan Karakter dan berkeinginan untuk menerbitkan menjadi sebuah buku. Karena naskah beliau masih kurang tebal untuk dijadikan sebuah buku, bagi Ibu Bapak guru yang berminat bisa bergabung bersama Ibu Noorvytawati untuk menerbitkan buku bersama. Dibutuhkan 1 atau 2 kontributor lagi agar "layak" atau "patut" menjadi sebuah buku. Silakan yang memiliki naskah tentang pendidikan karakter boleh mengiriman naskahnya ke komunitas.guru.menulis@gmail.com. Jika peminat lebih dari 2, mungkin peluang ini bisa dibuka untuk kelompok kedua, ketiga dan seterusnya
Ketebalan naskah kurang lebih 5000 sd 10000 kata.




Naskah boleh berupa laporan formal atas best practices, atau paparan pengalaman nyata dengan gaya agak populer. Jadi ada yang paparan teori dan gagasan, lalu mungkin baik ada tulisan yang berupa laporan (best practices) atau semacam kesaksian (pengalaman).

Berapa biaya penerbitannya?
Jika ketebalan buku tidak melebihi 120 halaman, biaya penerbitannya adalah sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) dan akan mendapatkan 10 contoh terbit. Jika melebihi 120 halaman, setiap kelebihan halaman dikenai biaya edit dan layout Rp4.500 per halaman kelebihannya.

Artinya, kalau Ibu Bapak menghendaki penerbitan tunggal, maka biaya tersebut harus ditanggung sendiri. Kalau berdua, berarti ya dibagi dua. Kalau tiga, ya dibagi tiga. Kalau 4 ya dibagi 4.

Berapa jumlah buku yang saya dapatkan?
Seperti sudah disampaikan diatas, paket penerbitan ini akan memberikan contoh terbit sebanyak 10 eks. Nah kalau ada 2 kontributor, maka masing-masing mendapatkan 5 eks. Kalau tiga, masing-masing mendapatkan 3 kemudian sisa 1 buku silakan dibicarakan akan diberikan kepada siapa. Kalau 4 kontributor, masing-masing akan mendapatkan 2 eks buku, dan 2 buku sisanya silakan dibicarakan di antara masing-masing kontributor.

Bagaimana kalau membutuhkan lebih dari 10 eks?
Jika ketebalan buku tidak melebihi 120 halaman, biaya cetak ulang per buku adalah sebesar Rp25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).
Nah, jadi kalau misalnya nanti akan ada 3 kontributor, maka daripada susah mbagi bukunya, mending nambah 2 eks kan tinggal nambah Rp50.000 sehingga masing-masing bisa mendapatkan 4 buku.
Kalau ada 4 kontributor juga tinggal nambah 2 eks atau Rp50.000 sehingga masing-masing mendapatkan 3 buku.

Harga jual dan royalti?
Buku Pendidikan Karakter yang diterbitkan akan dipromosikan secara online dengan harga jual antara Rp35.000 hingga Rp45.000 (tergantung ketebalan) dan pengarang akan mendapatkan royalti 10% dari harga jual dibagi rata untuk semua kontributor.

Bagi Ibu dan Bapak guru/dosen yang belum bergabung ke Komunitas Guru Menulis, silakan bergabung di: 

https://www.facebook.com/groups/gurumenulis/


Atau hubungi Koordinator di 08882882749(sms, WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar