Minggu, 12 April 2015

Proyek Penulisan dan Penerbitan PTK atau PTS


Proyek Penulisan dan Penerbitan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau PTS (Penelitian Tindakan Sekolah)

Jika Ibu Bapak guru memiliki laporan PTK atau PTS, yuk kita terbitan menjadi buku.

Format tulisan?
1. Laporan PTK berupa laporan resmi dan dikirimkan ke email: komunitas.guru.menulis@gmail.com.
2. Membuat resume laporan (bukan abstrak), yakni semacam laporan singkat dalam bentuk bahasa yang tidak terlalu formal. Usahakan resume dikemas dalam bahasa yang populer dan enak dibaca.
Resume akan ditaruh di depan sedangkan laporan lengkap di bagian belakang sebagai lampiran.

Tebal laporan?
Ketebalan tidak ditentukan alias bebas.

Proses penerbitannya?
Jika banyak PTK yang terkirim, penerbitannya akan dikelompokkan per jenis (PTK atau PTS), per jenjang (SD, SMP, SMA, SMK), per kelas (kelas I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII), per mata pelajaran.

Ketebalan buku?
Buku yang diterbitkan akan diusahakan tidak akan melebihi 120 halaman.

Biaya penerbitan?
Biaya penerbitan per buku adalah Rp1.250.000 (satu juta rupiah) dan ditanggung secara merata oleh kontributor dalam buku tersebut. Namun jika ada penambahan gambar, rumus, bagan, tabel akan ada penambahan biaya untuk proses layout. Besarnya penambahan biaya tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.

Fasilitas yang didapatkan?
Editing, layout (teks), cover dan 10 buku contoh terbit dibagi merata kepada semua kontributor. Namun jika ada penambahan gambar, rumus, bagan, tabel akan ada penambahan biaya untuk proses layout. Besarnya penambahan biaya tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.

Jika membutuhkan lebih dari 10 buku?
Biaya cetak ulang untuk buku dengan tebal maksimal 120 halaman adalah sebesar Rp 25.000 per eks.

Harga jual dan royalti?
Buku PTK dan PTS yang diterbitkan akan dipromosikan secara online dengan harga jual antara Rp35.000 hingga Rp40.000 dan pengarang akan mendapatkan royalti 10% dari harga jual dibagi rata untuk semua kontributor.
Biaya paket penerbitan buku ini tidak masuk ke dalam hitungan royalti. Royalti dihitung dari penjualan di luar biaya paket penerbitan.

2 komentar: