Minggu, 01 Juni 2014

Komunitas Guru Menulis

Komunitas Guru Menulis adalah komunitas yang lahir dari grup Facebook Guru Menulis. Grup ini dimaksudkan untuk mengajar para guru, mulai dari Pra-TK, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dosen, maupun guru informal bahkan nonformal untuk menulis dan menerbitkan buku.

Grup Guru Menulis lahir bersamaan dengan grup Facebook Lomba Nulis Pengalaman Guru yang saya buat untuk menjadi wadah komunikasi bagi kegiatan lomba nulis yang kala itu diselenggarakan oleh Penerbit PT Kanisius dan saat itu saya sebagai ketua panitia pelaksanaannya. Dari hasil lomba nulis itu terbitlah sebuah buku kumpulan tulisan yang dipilih dari sekitar 130-an naskah yang masuk ke panitia. Ada 40 tulisan yang dipilih untuk diterbitkan menjadi sebuah buku berjudul Cinta Sang Guru.

Lomba itu sungguh membelalakkan mata hatiku. Tulisan-tulisan yang masuk membukakan harapan baru bagiku, karena dari tulisan-tulisan itu aku jadi tahu bahwa masih banyak guru yang benar-benar berjuang sepenuh dan setulus hati untuk menolong murid-muridnya. Mereka menjalankan tugas mereka dengan penuh pengabdian bahkan pengorbanan.

Aku menjadi bersemangat. Dan pengalaman ini memberiku inspirasi untuk memfasilitasi proses ini menjadi sebuah media komunikasi dan partisipasi. Jika kisah-kisah guru yang mengabdi dengan tulus penuh pengorbanan ini dibukukan dan dibaca oleh guru-guru lainnya, aku percaya mereka pun lambat laun akan terpengaruh untuk ikut menjalankan peran sebagai guru dengan lebih baik lagi.

Ada kisah anak yang sudah hilang harapan dan tiba-tiba menemukan harapan karena kesabaran dan kasih yang diberikan oleh gurunya. Ada kelas terbelakang yang akhirnya boleh tersenyum bangga penuh kepuasan karena seorang guru telah memberikan motivasi dan berkorban untuk mendampingi mereka sampai akhirnya mereka menyadari akan kekuatan yang mereka miliki dan bangkit untuk dengan penuh harap dan gairah menggapai masa depan.

Kisah-kisah ini, yang hanya berasal dari 130-an tulisan, sudah sangat mencengangkanku. Aku tahu bahwa masih banyak sekali kisah yang masih harus ditemukan, yang masih tersimpan di dalam relung hati dan pikiran guru, yang masih harus dituliskan, diterbitkan, dibagikan.

Aku berharap bahwa ini akan menjadi virus yang lambat laun menyebar, virus kebaikan yang mengubah guru-guru yang biasa menjadi luar biasa, yang hanya mengejar target administrasi menjadi sepenuh hati mengabdi.

Logo Baru


komunitas guru menulis
Logo Lama


Untuk bergabung ke dalam komunitasi ini, silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/gurumenulis/

Tetapi pastikan diri Anda adalah seorang guru. Kalau bukan, mohon untuk tidak meminta bergabung.

Selanjutnya akan saya ceritakan bagaimana komunitas ini akhirnya terbentuk.

0 komentar:

Posting Komentar