Rabu, 24 Februari 2016

Diskusi tentang Pendidikan: Pendidikan Indonesia Masa Depan


Setelah sekian tahun mengabdikan diri sebagai guru, [tentunya] Ibu Bapak guru memiliki pemikiran mengenai konsep pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum pendidikan, atau apa pun itu yang terkait dengan pendidikan ... yang semestinya, atau yang ideal menurut Ibu Bapak.

Saya merasa perlu mengajak Ibu Bapak untuk membagikan pemikiran Ibu Bapak mengenai hal ini, karena setelah sekian puluh tahun Indonesia merdeka, rasa-rasanya bangsa ini belum bisa dikatakan sudah berhasil melahirkan generasi yang unggul. Tentu pengertian unggul ini bisa berbeda-beda menurut pemahaman masing-masing, tetapi yang jelas kita sekarang ini "sudah bisa menikmati" output pendidikan kita selama ini dengan melihat budaya masyarakat kita sekarang ini:

Manakah pribadi bangsa yang tangguh, yang taqwa, yang cerdas, yang bermartabat dan beradab, yang jujur, yang saleh religius, yang terampil dan berketerampilan hidup, yang berdaya saing, berdaya juang, yang disiplin, yang komit, yang berintegritas pribadi, yang .... unggul itu.

Silakan Ibu Bapak postingkan pemikiran Ibu Bapak di grup komunitas Guru Menulis https://www.facebook.com/groups/gurumenulis/ [tidak bisa langsung tayang memang karena harus dengan persetujuan admin]. Selain itu juga kirimkan ke email komunitas.guru.menulis@gmail.com.
Harapannya, Ibu Bapak lain bisa menanggapi dan bisa menjadi diskusi berkelanjutan. Ibu Bapak pengirim naskah boleh memperbaiki naskahnya untuk nanti bareng-bareng diterbitkan menjadi buku ber-ISBN.

Kalau sudah gayeng, suatu saat kita kompul darat lagi untuk diskusi secara langsung dan Ibu Bapak-lah yang akan menjadi panelisnya.
Mau? Semoga semuanya mau!

0 komentar:

Posting Komentar