Senin, 24 Juli 2017

Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, karya Sarnoko

Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, karya Sarnoko

Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, karya Sarnoko

Detil Produk
Kode: 0103
Judul: Penerapan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Penulis: Sarnoko
Terbit: Jul-17
Tebal: 188 halaman
Ukuran: 145x210 mm
ISBN: 978-602-6688-04-0
Harga: Rp47,000

Buku ini merupakan tesis yang berupa sebuah laporan dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan penulis di SDN 1 Sanan Wonogiri oleh Sarnoko, guru SD Negeri 1 Girimarto Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Penelitian ini mau melihat apakah penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran IPS pada Kompetensi Dasar: Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya. Penerapan pendekatan ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Daftar isi:

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 9
C. Manfaat Penelitian 9
1. Manfaat Teoretis 9
2. Manfaat Praktis 9
D. Ruang Lingkup dan Batasan Penelitian 11
E. Definisi Operasional 11
1. Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) Berbantuan Video Pembelajaran. 11
2. Aktivitas Siswa 12
3. Hasil belajar 12

BAB II KAJIAN PUSTAKA 15
A. Ilmu Pengetahuan Sosial 15
1. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial 15
2. Pengertian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 16
3. Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar 17
4. Karakteristik Pendidikan IPS SD 18
B. Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) 20
1. Pengertian Pendekatan SAVI 20
2. Latar Belakang Munculnya Pendekatan SAVI 20
3. Langkah Kegiatan Pendekatan SAVI 21
4. Karakteristik Model Pembelajaran SAVI 23
5. Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan SAVI 25
C. Video Pembelajaran 26
1. Pengertian Media Pembelajaran 26
2. Manfaat Media Pembelajaran 28
3. Video Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran 28
D. Aktivitas Belajar 29
1. Aktivitas Siswa 29
2. Aktivitas Guru 31
E. Hasil Belajar 31
1. Hakikat Belajar 31
2. Hakikat Hasil Belajar 32
F. Teori yang Mendasari Pendekatan SAVI 33
G. Penelitian Terdahulu 34
H. Kerangka Pemecahan Masalah 35

BAB III METODE PENELITIAN 39
A. Pendekatan Penelitian 39
B. Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan 40
C. Kancah Penelitian 41
D. Subjek Penelitian 41
E. Data dan Sumber Data 41
F. Pengumpulan Data 42
G. Analisis Data, Evaluasi, dan Refleksi 43
H. Prosedur Penelitian 44
1. Tahap Prapenelitian 44
2. Tahap Perencanaan 45
3. Tahapan Pelaksanaan Tindakan dan Observasi 48
4. Tahap Refleksi 49
I. Kriteria Keberhasilan 50

BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN 51
A. Paparan Data 51
1. Paparan Data Siklus I 51
2. Paparan Data Siklus II 69
B. Temuan Penelitian 81
C. Kendala-kendala dalam Penelitian dan Solusi 82

BAB V PEMBAHASAN 85
A. Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) Berbantuan Video Pembelajaran 85
B. Peningkatan Aktivitas Belajar 91
C. Peningkatan Hasil Belajar 95

BAB VI PENUTUP 99
A. Kesimpulan 99
B. Saran 100

Lampiran-Lampiran 107
Tentang Penulis 173

Daftar Lampiran
Lampiran 1: Daftar Nilai Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pra Siklus 108
Lampiran 2: Daftar Nama Kelompok Kelas IV 109
Lampiran 3: Silabus Pembelajaran (Siklus I) 110
Lampiran 4: Silabus Pembelajaran (Siklus II) 112
Lampiran 5: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus I) 114
Lampiran 6: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Siklus II) 120
Lampiran 7: Rangkuman Materi 126
Lampiran 8: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus I Pertemuan 1) 135
Lampiran 9: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus I Pertemuan 2) 136
Lampiran 10: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus I Pertemuan 3) 137
Lampiran 11: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus II Pertemuan 1) 138
Lampiran 12: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus II Pertemuan 2) 139
Lampiran 13: Lembar Kegiatan Kelompok (Siklus II Pertemuan 3) 140
Lampiran 14: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus I Pertemuan 1) 141
Lampiran 15: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus I Pertemuan 2) 142
Lampiran 16: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus I Pertemuan 3) 143
Lampiran 17: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus II Pertemuan 1) 144
Lampiran 18: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus II Pertemuan 2) 145
Lampiran 19: Kisi-Kisi Penulisan Soal (Siklus II Pertemuan 2) 146
Lampiran 20: Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 1) 147
Lampiran 21: Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 2) 148
Lampiran 22: Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 3) 149
Lampiran 23: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 1) 150
Lampiran 24: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 2) 151
Lampiran 25: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus I Pertemuan 3) 152
Lampiran 26: Hasil Belajar IPS Siklus I 153
Lampiran 27: Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 1) 154
Lampiran 28: Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 2) 155
Lampiran 29: Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 3) 156
Lampiran 30: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 1) 157
Lampiran 31: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 2) 158
Lampiran 32: Kunci Jawaban Tes Kompetensi IPS (Siklus II Pertemuan 3) 159
Lampiran 33: Hasil Belajar IPS Siklus II 160
Lampiran 34: Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa 161
Lampiran 35: Rekapitulasi Aktivitas Siswa Siklus I dan II 162
Lampiran 36: Hasil Wawancara Siklus I 163
Lampiran 37: Hasil Wawancara Siklus II 165
Lampiran 38: Catatan Lapangan Pertemuan Pertama 167
Lampiran 39: Catatan Lapangan Pertemuan Kedua 169
Lampiran 40: Catatan Lapangan Pertemuan Ketiga 171

Jika ingin terlibat dalam proyek ini, silakan baca keterangan selengkapnya di: Proyek Penulisan dan Penerbitan Best Practice


Untuk pemesanan hubungi:
WA 08882882749
Facebook: https://www.facebook.com/GuruMenulis2016

0 komentar:

Posting Komentar