Rabu, 18 Maret 2020

Terbitkan refleksimu tentang CORONA jadi buku


REFLEKSI CORONA TAHAP 2

Tulis refleksimu mengenai fenomena corona dalam bentuk tulisan untuk diterbitkan bersama menjadi buku. Tulisan akan diterbitkan dalam bentuk buku berukuran A5 (145x210mm). Kali ini berbentuk KISAH PENGALAMAN NYATA dan puisi.

==============
Bentuk Tulisan

1. Kisah Pengalaman Nyata
Tuliskan pengalamanmu selama masa pandemi Covid-19 ini. Pengalaman yang menurutmu menarik untuk dibagikan: pengalaman bermakna, pengalaman mencengangkan, pengalaman sedih tetapi memberikan pelajaran hidup, pengalaman haru, pengalaman kesulitan, pengalaman belajar hal baru, pengalaman yang mengubah cara pandang, atau bahkan pengalaman kecil sangat sederhana tetapi membuka perspektif baru dalam kehidupan Anda. 
Bisa pengalaman terkait profesi, bisa pengalaman dalam kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat, atau kehidupan pribadi dalam berelasi dengan Tuhan atau alam.

Ini tentang pengalaman, bukan opini, apalagi teori. Pengalaman nyata yang berharga untuk dibagikan kepada orang lain. Seandainya pun memuat opini, itu lebih sebagai hasil refleksi atas pengalaman yang dialami. Jadi harus ada pengalamannya di dalam tulisan ini.


2. Puisi
Puisi bisa menjadi media refleksi yang asyik. Jika Anda tidak mau berkisah secara langsung, berkisahlah lewat alegori dan metafor dalam puisi. Jika Anda suka bermain kata-kata dan bergairah dalam dunia diksi, tulislah puisi. Semua bentuk puisi: ya puisi, pantun, haiku, sedoka, katauta, akrostik, triolet, septolet, naani, sonian, dll.

Hindariujaran kebencian, kritikan terhadap sosok tertentu karena ini adalah refleksi. Ini adalah tentang BERCERMIN DIRI, secara pribadi maupun kolektif, tentang akubukan kamu, dia dan merekaTujuan penulisan dan penerbitan ini adalah: untuk semakin memanusiakan manusia.

=============
Pengumpulan Tulisan

Naskah diketik dalam Word, file dinamai: jenis tulisan - nama penulis - judul (dari judul pertama, jika beberapa puisi)
kirimkan ke terbitkanbuku@gmail.com

=============
Kelengkapan
Kelengkapan cukup dikirim sekali saja jika sama. Jika pernah mengirimkan sebelumnya, tidak usah mengirimkannya lagi, kecuali ada pembaharuan atau perbedaan.
Bersamaan dengan pengiriman naskah, sertakan: foto KTP, foto diri, narasi biodata maksimal 100 kata, dan melengkapi formulir DATA PENULIS yang akan dikirimkan dalam email balasan.

=============
Syarat: 
  • sanggup membeli minimal 2 eksemplar buku yang diterbitkan. Syarat pembelian 2 eksemplar tidak masuk dalam perhitungan ROYALTI. Royalti dihitung dari penjualan di luar syarat pembelian ini.
  • maksimal per kontributor adalah 5 halaman jadi, jika lebih dari 5 halaman maka berlaku kelipatannya (sanggup membeli 4 eksemplar, dst)
  • sanggup membayar ongkos kirim
  • jika membutuhkan sertifikat, dikenai biaya Rp5.000
  • Pembayaran dilakukan sesudah jumlah naskah yang masuk dinyatakan final. Penerbit akan mengirimkan tagihan melalui aplikasi paper.id.
=============
Mekanisme Penerbitan:
  1. Penulis/kontributor mengirimkan naskah ke email terbitkanbuku@gmail.com
  2. KGM menanggapi email dan menyatakan apakah naskah layak terbit atau tidak. Jika dinyatakan layak, KGM akan menyampaikan apa-apa saja yang masih harus dilengkapi dan berapa minimal jumlah buku yang harus sanggup dibeli oleh kontributor/penulis. Jika dinyatakan belum layak, KGM akan memberikan catatan perbaikan.
  3. Sesudah naskah masuk dinyatakan cukup, penerimaan naskah ditutup. KGM akan menghitung harga buku berdasarkan ketebalan buku.
  4. Penerbit mengirimkan tagihan melalui aplikasi paper.id ke penulis/kontributor dengan memberikan batas waktu pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui aplikasi paper.id atau transfer manual. Nomor rekening tercantum di Invoice yang dikirimkan (silakan membuka Invoice yang dikirimkan melalui aplikasi paper.id.)
  5. Sesudah semua kontributor melakukan pemesanan dan pembayaran, Penerbit melakukan proses penyuntingan. Jika ada bagian dari tulisan kontributor yang perlu diperbaiki selama proses penyuntingan, hal itu akan disampaikan kepada kontributor.
  6. Sesudah penyuntingan selesai, dilakukan layout buku dan desain cover.
  7. KGM akan mengirimkan hasil edit dan layout kepada setiap penulis untuk pengecekan apakah sudah OK semua. Penerbit akan melakukan perbaikan yang diperlukan sesudah mendapatkan umpan balik dari kontributor.
  8. Pencetakan buku.
  9. Pengiriman buku ke kontributor.

Catatan:
Urutan tulisan di dalam buku dan judul buku menjadi kewenangan penerbit untuk menentukan.

Penjelasan lisan bisa dilihat di video berikut:












=-=-=-=-=-=-=-=-=-==-=-=-=-=-
informasi
REFLEKSI CORONA TAHAP 1
Tulis refleksimu mengenai fenomena corona dalam bentuk tulisan

cerpen, puisi, haiku, pantun, akrostik, esai, reportase, kisah, pentigraf, cinquain, dll

kirimkan ke terbitkanbuku@gmail.com
untuk diterbitkan bersama menjadi buku.

Hindariujaran kebencian, kritikan terhadap sosok tertentu
karena ini adalah refleksi
Ini adalah tentang BERCERMIN DIRI, secara pribadi maupun kolektif, tentang aku dan kita, bukan dia dan mereka.
Jika bentuknya REPORTASE atau ESAI, ambil HUMAN INTEREST atau KEMANUSIAAN sebagai topik dan temanya.

Tujuan penulisan dan penerbitan ini adalah: untuk semakin memanusiakan manusia.

Tulisan akan diterbitkan dalam bentuk buku berukuran A5 (145x210mm).

Syarat: 
  • sanggup membeli minimal 2 eksemplar buku yang diterbitkan. Syarat pembelian 2 eksemplar tidak masuk dalam perhitungan ROYALTI. Royalti dihitung dari penjualan di luar syarat pembelian ini.
  • maksimal per kontributor adalah 5 halaman jadi, jika lebih dari 5 halaman maka berlaku kelipatannya (sanggup membeli 4 eksemplar, dst)
  • sanggup membayar ongkos kirim
  • jika membutuhkan sertifikat, dikenai biaya Rp5.000
  • menyertakan: foto KTP, foto diri, narasi biodata maksimal 100 kata, dan melengkapi formulis DATA PENULIS yang akan dikirimkan dalam email balasan.


10 komentar:

  1. kebanyakan saratnya jadi males mo nulis

    BalasHapus
  2. tlng d sderhanakan sj saratnya; Biodata lengkap,Tulisan & royalti.itu indonesia baru bisa sejahtera..šŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cocok aja, kalo gak cocok gak usah diambil

      Hapus
  3. Alhmdllh syaratnya tidak sulit ... Insyaallah dimudahkan jika diniatkan

    BalasHapus
  4. Alhmdllh syaratnya tidak sulit ... Pasti dimudahkan dan dilancarkan jika sdh diniatkan

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah kita bisa mencoba dengan niat yang baik

    BalasHapus
  6. Ini batasnya sampai kapan ya?
    Baru lihat infonya.

    BalasHapus