Senin, 11 November 2019

Proyek Penerbitan Kisah 3 Alinea tentang Anak


Proyek Penerbitan Kisah 3 Alinea tentang Anak

Momen-momen penuh makna bersama buah hati Anda sayang kalau dilewatkan begitu saja. Yuk abadikan dalam kisah pendek, 3 alinea saja. Ingat, ya, 3 alinea saja.

Ingin melihat contoh naskah yang dikehendaki? Cek di sini!

3 alinea tentang anak
Wah yang ini gak usah pakai teori-teori ya. Silakan langsung tulis saja. Pokoknya ada paragraf 1 (mungkin bisa dibilang pembuka, gitu ya?). Ada paragraf 2 (bisa semacam konflik atau eskalasi ketegangan). Lalu paragraf 3, resolusi atau kesimpulan.

Agar naskah tetap menarik untuk dibaca publik, sajikan dalam bentuk kisah atau adegan. Tiga alinea ini merupakan penggambaran suatu potongan peristiwa penting dalam relasi penulis dengan buah hati. Tentu banyak peristiwa penting tetapi harus dipilih satu peristiwa atau bisa tiga peristiwa (setiap alinea menggambarkan satu peristiwa) yang memang dipilih untuk dituliskan menjadi kisah 3 alinea ini.

Dengan demikian, ini bukan tulisan deskripsi tentang buah hati atau anak, bukan penggambaran umum mengenai sifat-sifat seorang anak. Bukan! Ini harus tentang kisah yang dialami oleh anak atau kisah yang terjadi antara orang tua dengan anaknya. Harus ada peristiwa atau adegan di dalamnya.

Tulisan harus benar-benar 3 (tiga) alinea, bukan hanya setumpukkan tulisan yang dipaksakan menjadi 3 alinea. Dari naskah yang masuk bisa kami sampaikan bahwa ada kecenderungan untuk menjejalkan terlalu banyak gagasan dalam masing-masing alinea. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk seperti itu tetapi tulisan ini harus benar-benar 3 (tiga) alinea saja dengan setiap alinea hanya memuat 1 (satu) gagasan utama.

Bisa juga Anda bercerita mengenai beberapa anak Anda sekaligus. Mungkin 1 alinea untuk anak kesatu, 1 alinea untuk anak kedua, 1 alinea untuk anak ketiga.

Ingin melihat contoh naskah yang dikehendaki? Cek di sini!

Kirim
ke terbitkanbuku@gmail.com

Panjang
3 (tiga) paragraf. Maksimal 560 kata. Diketik normal. Gak usah pakai font yang aneh-aneh.

Diterbitkan jadi buku 
Jika sudah terkumpul minimal 50 naskah yang layak terbit

Penting: 
  • Naskah Anda akan melewati proses penerbitan standar dan akan diterbitkan oleh Penerbit Anggota IKAPINaskah Anda akan benar-benar diedit (dari segi isi dan bahasa) oleh seorang editor.
  • Mohon tidak mengirimkan naskah jika Anda tidak menyepakati dengan segala ketentuan yang tertulis mengenai proyek ini.

Syarat?
Sanggup membiayai paket penerbitan, dibayar di muka setelah naskah dinyatakan layak terbit, sebesar Rp155.000 (ditambah ongkos kirim). Anda akan memperoleh 2 eks contoh terbit dan seertifikat. Biaya ini bukanlah biaya pembelian buku melainkan biaya proses penerbitan yang mencakup: editinglayoutdesain coveradministrasi penerbitandan pencetakan contoh terbit.

Ingin melihat contoh naskah yang dikehendaki? Cek di sini!

Deadline?
Kalau sudah terkumpul 50 naskah layak terbit, akan dibuka lagi untuk proyek penerbitan buku kedua, dst.

Kelengkapan
  1. Foto KTP
  2. foto bersama anak (atau foto anak saja kalau tidak punya foto bersama anak, atau bahkan foto penulis jika memang tidak punya foto anak sama sekali)
  3. Biodata narasi maksimal 40 kata.
  4. Melengjkapi DATA PENULIS (akan dikirimkan sebagai balasan email ketika Ibu dan Bapak mengirimkan naskah)

Ingin melihat contoh naskah yang dikehendaki? Cek di sini!

2 komentar: